Peluang Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Usaha warung kopi bukanlah barang baru bagi banyak masyarakat di tanah air. Warung kopi menjadi salah satu tempat pelarian orang-orang untuk menikmati secangkir kopi sambil menjalankan bisnis atau pun menyelesaikan tugas akhir bagi sebagian para mahasiswa.

Peluang Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Hari ini peluang usaha kopi semakin menjanjikan, terbukti dengan banyaknya kemunculan warung-warung kopi baru hingga rumah kopi yang terlihat mewah lewat tampilan luarnya saja. Sayangnya, dibalik menjamurnya usaha kedai kopi ini, masih kekurangan tangan-tangan terampil untuk meracik kopi atau yang sering disebut dengan Barista, yang memiliki cita rasa tinggi.

Selain itu, ramainya usaha bisnis kopi yang muncul hari ini berbanding terbalik dari jumlah barista di tengah masyarakat. Maka tak heran, jika banyak orang yang mengikuti kelas pelatihan barista kopi. Jika tertarik, Anda bisa mengambil kelas online khusus barista lewat program kartu prakerja yang tentunya bisa Anda akses secara gratis dan tanpa biaya.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Jika masih ragu untuk menggeluti bisnis kopi ini, maka berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus serius dalam ikut pelatihan barista dan usaha warung kopi ini.

1. Indonesia Adalah Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Fakta yang satu ini tentu sudah tidak bisa diragukan lagi. Masyarakat Indonesia memang gemar menikmati kopi. Bahkan hampir setiap daerah di seluruh Indonesia memiliki kebun kopi dengan kualitas super dan rasa yang khas di tiap daerahnya. Tentu dengan fakta ini Anda tidak perlu modal yang banyak lagi dalam menjalankan usaha bisnis kopi. Terlebih jika Anda tinggal di wilayah penghasil kopi.

2. Memiliki Pasar yang Luas dan Menjanjikan

Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang yang  telah menjadi penikmat kopi ini sejak lama. Tak hanya di tanah air, para orang-orang luar pun juga gemar menikmati kopi dari Indonesia. Ciri khas dan cita rasa yang kuat menjadikan kopi sebagai minuman yang tidak akan pernah kehilangan penikmatnya.

Hal ini menunjukkan jika bisnis kopi dan menjadi barista memang sangat menjanjikan. Anda bisa melihat di berbagai tempat di mana terdapat berbagai jenis kedai kopi hingga restoran mewah yang selalu menyajikan kopi sebagai menu andalan mereka. Peluang usaha ini membuka peluang bagi prakerja karena penikmat kopi bukan hanya dari kalangan orang tua saja, anak muda dan pekerja kantoran pun menjadi kalangan yang rutin menyeruput kopi setiap waktunya.

3. Banyak Dibutuhkan di Banyak Tempat

Menjadi barista bukan hanya sekedar mengaduk dan mencampur kopi dengan bahan lainnya saja. Untuk menjadi seorang barista maka Anda harus menguasai berbagai skill dalam meracik dan menyajikan kopi. Untuk memperolehnya harus ikut pelatihan barista, meskipun bisa belajar secara autodidak.

Profesi Barista memang bukanlah profesi yang biasa saja yang hanya meracik minuman kopi saja. Namun Barista dituntut mampu menyajikan kopi dengan takaran yang pas serta suhu yang sesuai. Tak hanya itu, mereka juga harus memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis kopi dan bahan-bahan dalam meracik kopi.

Dibalik tampilan yang sederhananya, seorang barista adalah seorang ahli kopi yang sebenarnya, karena mereka tidak hanya harus tahu meracik rasa dalam berbagai jenis kopi. Namun, mereka juga harus memiliki indra penciuman yang tajam agar mampu mengenali karakter dan aroma kopi.

Karena keistimewaan barista inilah maka banyak tempat membutuhkan keahlian mereka. Mulai dari kafe-kafe kecil hingga restoran-restoran besar membutuhkan keterampilan barista untuk menciptakan kopi yang bercita rasa tinggi.

Gaji barista professional memang sangat menggiurkan, oleh karena itu banyak orang yang mulai mengikuti sekolah pelatihan barista meskipun dengan biaya yang sangat tinggi. Namun, jangan khawatir, Anda bisa mengikuti kelas barista ini secara gratis lewat program “Barista Merdeka by Bencoolen Coffee”.

View this post on Instagram

Lucky Widja, vokalis Element Band dan pengusaha, merupakan sosok yang multitalent dan seseorang yang mampu mengubah idenya menjadi karya nyata. Lucky ikut bergabung dalam Program Pelatihan 10.000 Barista Merdeka & Usaha Kopi Pemula oleh Bencoolen Coffee untuk mengajak masyarakat Indonesia menjadi pebisnis kopi yang sukses. Program ini dipercaya oleh Lucky karena menurutnya memiliki kualitas pelatihan kewirausahaan kopi yang sangat baik. Mari kita bergabung di dalam Program Pelatihan 10.000 Barista Merdeka & Usaha Kopi Pemula! Dan bersama-sama kita sukses dalam berbisnis kopi. Pendaftaran Program Pelatihan Barista Merdeka & Usaha Kopi dapat melalui: Prakerja.bencoolencoffee.com Maubelajarapa.com Skillacademy.com @luckywidja #prakerja #kursuskopi #pelatihankopi #baristakopi #bencoolencoffee #10ribuBaristaMerdeka

A post shared by Bencoolen Coffee (@bencoolen.coffee) on

Paket Pelatihan Barista Bencoolen Coffee

The BENCOOLEN Coffee merupakan salah satu brand perusahaan yang didirikan untuk membangun usaha kopi guna meningkatkan kesejahteraan petani. Terlebih Bengkulu merupakan provinsi ketiga terbesar penghasil kopi di Indonesia setelah Lampung dan Sumatera Selatan sehingga dikenal sebagai segi tiga emas kopi. Bengkulu ikut berperan menyumbang sekitar 70 persen dari total produksi kopi Robusta di Indonesia. Kopi Bengkulu masih didominasi oleh varian kopi Robusta, selain kopi Arabika yang juga berpotensi untuk bisa lebih dikembangkan.

paket pelatihan barista

The BENCOOLEN Coffee Jakarta memberikan pelatihan barista dan usaha warung kopi yang berbeda dengan pelatihan barista biasa, dimana peserta pelatihan akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dengan mengikuti pelatihan yang ada.

Mitra prakerja dalam melakukan pelatihan barista digital: Kemnaker, Skill Academy by Ruangguru.com dan Maubelajarapa.com.

 

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

2 thoughts on “Peluang Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *