9 Tips Desain Kafe

Kafe Kolong. Sebagai salah satu tempat nongkrong yang popular di masyarakat, membuat kafe adalah salah satu alternatif bisnis yang menarik saat ini. Dalam bisnis ini ada seninya tersendiri dari mulai meracik kopi, membangun pelanggan loyal, desain interior & eksterior, sampai ke pelayanan yang prima.

desain kafe

9 Tips Desain Kafe

Nah, terkait desain kafe, berikut ini 9 Tips Desain Kafe yang telah dirangkum oleh majalah elshinta untuk Anda yang ingin berbisnis kafe.

1. Desain Interior

Saat pertama kali masuk ke kafe, hal yang diperhatikan oleh pelanggan adalah desain interiornya. Hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain interior kafe dan tata letak ruangannya adalah yang memperhatikan prinsip alur perjalanan.

Dalam prinsip ini dianjurkan untuk mengatur proses masuknya pelanggan, pemesanan, tempat duduk dan selanjutnya pintu keluar. Perhatikan juga perabotan yang diletakkan di sekitarnya. Dengan memperhatikan prinsip ini, arus pengunjung akan tetap terjaga dan tidak akan macet di titik tertentu. Untuk tempat duduk sendiri bisa disesuaikan dengan konsep yang sudah dibuat.

Artikel serupa:   Minum Kopi Sebagai Sumber Rejeki

2. Tema

Tema adalah standar penting yang harus ditentukan sebelum mendesain kafe. Mulai dari konsep suasananya yang dibuat mewah atau tradisional. Dengan memiliki tema, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan kafe. Ingat pula, tema yang baik akan memberikan pengalaman berbeda bagi para pengunjung.

3. Desain Countertop

Selanjutnya adalah desain countertop. Desain countertop akan sangat penting untuk menampilkan kesan terbaik kafe Anda kepada pengunjung. Anda tidak perlu menggunakan countertop yang berharga mahal, namun yang pasti, gunakan countertop dengan desain yang bagus dan bersih. Dan juga gunakan warna countertop yang sesuai dengan skema warna desain kafe Anda.

4. Desain menu

Menu adalah representasi produk kafe Anda kepada para pengunjung. Menu memainkan peran penting dalam memancing minat pengunjung dalam pemilihan kopi. Oleh sebab demikian, desainlah daftar menu yang istimewa dan semenarik mungkin.

Artikel serupa:   Peluang Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

5. Desain Website

Di saat teknologi digital semakin massif, maka membuat website pun menjadi sebuah kebutuhan. Website bukan hanya berfungsi sebagai media showcase kafe Anda, tapi juga sebagai representasi kafe Anda namun diakses melalui internet.

Perlakukan website sebagaimana kafe Anda, mulai dari desain, skema warna, dekorasi dan font. Ini akan membantu memberikan kesan terbaik bagi orang-orang yang ingin mengetahui kafe Anda melalui website sebelum datang langsung ke kafe Anda.

6. Desain Dinding & Langit-langit

Desain dinding juga harus diperhatikan untuk membuat kesan semakin cozy. Salah satu pilihannya adalah dengan menggunakan wallpaper, painting graphic, pyrography, ukiran, dan stamping. Sementara untuk tampilan langit-langit bisa juga dipertimbangkan dari segi pencahayaannya. Pencahayaan ini harus diselaraskan dengan tema kafe Anda.

7. Desain Lantai

Jangan abaikan desain lantai kafe, karena sesungguhnya ini menjadi bagian yang juga penting. Desain lantai yang baik dan sesuai dengan tema dan skema warna akan semakin melengkapi hasil akhir desain kafe Anda.

Artikel serupa:   Keuangan Bisnis Kafe

8. Desain Kursi

Terkait tempat duduk, yang harus diperhatikan adalah ketersediaan ruangan. Jika ruangannya terbatas, maka pilihlah tempat duduk yang lebih minimalis. Namun jika ruangannya cukup besar, sofa pun bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih.

9. Seragam & Logo

Seragam juga penting! Seragam menunjukkan profesionalisme dan memudahkan bagi pengunjung dalam memesan sesuatu. Seragam pun harus diusahakan sesuai dengan tema kafe yang telah dipilih sebelumnya. Lalu, logo yang merupakan identitas utama pada bisnis Anda. Pastikan logo terbaik bagi bisnis Anda. Buatlah logo yang mudah dikenali dan diingat oleh semua orang.

sumber: Majalah Elshinta

 

9 Tips Desain Kafe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *