Jenis Disinfektan yang Digunakan dalam Membunuh Virus dan Bakteri

Penggunaan disinfektan saat ini sangat sering digunakan semenjak Covid-19 menyerang Indonesia dan dunia. Disinfektan merupakan sebuah larutan kimia yang dapat digunakan untuk membunuh kuman, bakteri atau mikroorganisme yang terdapat pada suatu objek. Oleh karena itu banyak jasa penyemprotan disinfektan bermunculan terutama di kota-kota besar seperti jasa disinfektan Bandung, Jakarta, Surabaya,dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Disinfektan yang Sering Digunakan

Jenis-Jenis Disinfektan yang Sering Digunakan

Berikut merupakan beberapa jenis disinfektan yang aman untuk digunakan.

1. Isopropil Alkohol

Zat kimia ini adalah  salah satu jenis disinfektan yang paling umum dan sering digunakan oleh perusahaan farmasi, rumah sakit dan ruang kebersihan. Zat yang terkandung dalam isopropil alkohol ini memiliki tingkat yang lebih tinggi kandungan racun daripada etanol. Tetapi zat ini memiliki lebih sedikit efek kering pada kulit.

Artikel serupa:   Toyota Calya MPV Murah di Auto2000 Medan

Isropopil alkohol dapat digunakan sebagai disinfektan yang efektif untuk mencegah Covid-19 dalam konsentrasi 70%. Hal ini terjadi karena alkohol kadar 70% merupakan kadar yang terbaik dalam membunuh virus dan mikroorganisme di permukaan.

2. Klorin

Klorin adalah sebuah unsur kimia yang ada di dunia dimana unsur ini terjadi secara alami dan tersebar di bebatuan bumi. Zat klorin ini menjadi nutrisi yang sangat penting untuk tumbuhan dan hewan. Klorin juga dapat digunakan dalam mensterilkan air minum dan mendisinfeksi kolam renang.

Cara pembuatan disinfektan dari klorin yaitu dengan mencampur empat sendok teh pemutih klorin biasa dengan satu liter air. Cara penggunaan larutan disinfektan ini yaitu dengan menyelupkan kain ke dalam cairan jangan lupa menggunakan sarung tangan juga. Penggunaan larutan pemutih dan air harus dalam keadaan yang segar.

Artikel serupa:   Penyebab Tidak Koneksi Ke Jaringan Internet Telkomsel

3. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah sebuah zat kimia yang berbentuk cairan bening/tidak berwarna dengan tekstur yang lebih kental daripada air. Zat ini juga menjadi disinfektan yang stabil dan efektif dalam mengatasi bakteri, virus dan mikroorganisme.

Penggunaan cairan kimia ini yaitu dengan menyemprotkan atau mengusapkan pada permukaan dan dibiarkan basah selama satu menit sebelum dilap. Tetap menggunakan sarung tangan ketika membersihkan peralatan dengan cairan hidrogen peroksida ini.

4. Sabun

Penggunaan sabun dicampur air berfungsi dalam membersihkan dan mengurangi jumlah bakteri dan kuman dalam mengurangi infeksi. Sabun juga dapat digunakan dalam membunuh kuman dengan dilakukan secara berkala agar hasilnya sempurna.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis disinfektan yang aman digunakan dalam membunuh virus dan bakteri. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan membantu Anda.

 

Jenis Disinfektan yang Digunakan Membunuh Virus dan Bakteri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *