Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat minum kopi untuk kesehatan tubuh apakah dapat kita peroleh? Mengenai hal tersebut, hingga kini banyak terdapat pro dan kontra di dalam masyarakat.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi masyarakat yang pro, kemungkinan hal tersebut sebagai bentuk pembenaran yang disebabkan dengan kegemarannya terhadap minuman satu ini.

Sedangkan untuk yang kontra, hal tersebut mengacu kepada pendapat umum yang menyatakan bahwa kopi merupakan salah satu jenis minuman yang kurang baik untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Minuman kopi saat ini telah menjadi gaya hidup yang cukup banyak diminati. Hal ini dibuktikan dengan semakin suburnya bisnis kedai kopi atau biasa lebih populer dengan sebutan coffe shop.

Selain itu, semakin meningkatnya kreasi para barista profesional yang menghadirkan beragam jenis kopi campuran yang kian menguatkan trend tersebut.

Dengan menghadirkan cita rasa kopi yang sangat nikmat yang cocok sebagai teman ngobrol. Bagi sebagian besar masyarakat, minum kopi merupakan salah satu bagian dari rutinitas sehari-hari.

Bahkan bagi para pecandu kopi, setiap harinya dapat mengkonsumsi lebih dari 3 cangkir kopi. Lantas apa manfaat minum kopi?

Khasiat Minum Kopi Berdasarkan Penelitian

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari sebagian masyarakat selain minuman teh. Tidak kurang dari 2,25 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap harinya oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Artikel serupa:   Koling Menggaet Pecinta Kopi Di Pinggir Jalan

Akan tetapi, terdapat beberapa orang yang berasumsi bahwa minum kopi tidak baik untuk kesehatan. Hal ini didasarkan dengan adanya kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi yang diketahui dapat merusak tubuh.

Kafein merupakan racun seperti nikotin yang terkandung di dalam rokok. Dalam sebuah penelitian terbaru menyatakan sebuah fakta yang cukup mengejutkan.

Dari sebuah penelitian yang dimuat oleh Jurnal Annals of Internal Medicine Amerika Serikat, membuktikan bahwa manfaat minum kopi dapat memperpanjang usia seseorang.

Kebiasaan mengkonsumsi minuman jenis kopi mempunyai korelasi yang cukup signifikan dengan umur panjang.

Bahkan bagi seseorang yang minum kopi setiap harinya dapat memiliki potensi untuk hidup lebih lama serta memiliki umur yang panjang.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para ilmuwan yang berasal dari Internatioanl Agency for Research on Cancer and Imperial College London.

Ini penelitian Bukti Adanya Kehidupan di Planet Mars Dari Keberadaan Sungai Kuno.

Artikel serupa:   Tips Berhemat Jika Memiliki Pendapatan Kecil

Penelitian terkait manfaat minum kopi tersebut dilakukan pada 10 negara di Eropa yang melibatkan beberapa orang dari berbagai ras serta suku.

Minum Kopi Bisa Menekan Angka Kematian

Dalam kegiatan penelitian tersebut, para peneliti melakukan perbandingan antara penyebab kematian spesifik yang dialami para peminum kopi dengan yang bukan peminum kopi.

Dari penelitiannya, mereka menemukan fakta yang cukup mencengangkan. Dimana disimpulkan bahwa orang yang setiap hari minum kopi tiga cangkir atau lebih dapat menekan angka kematian.

Sedangkan bagi orang yang tidak pernah minum kopi justru sangat rentan dengan kematian. Hasil penelitian ini juga dikuatkan dengan adanya riset lain yang dilakukan para peneliti lain yang berasal dari University of Southern California Amerika Serikat.

Penelitian mengenai manfaat minum kopi tersebut dilakukan dengan lebih fokus terhadap pengaruh ras terhadap gaya atau kebiasaan minum kopi ataupun resiko terhadap penyakit.

Hasil dari penelitian dari beberapa suku atau ras yang mengkonsumsi kopi ditemukan bahwa rendahnya resiko kematian yang dialami berkorelasi terhadap minum kopi dalam jumlah yang lebih banyak.

Selain itu, hasil tersebut juga tidak memiliki perbedaan yang cukup terlihat antara ras kulit berwarna dengan ras kulit putih. Manfaatnya juga ditemukan, baik dalam kopi yang non-kafein atau yang berkafein.

Artikel serupa:   Pilih Kopi atau Teh, Mana yang Lebih Sehat?

Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi Beserta Takarannya

Bagi anda yang sudah terbiasa minum kopi di pagi hari, ternyata terdapat waktu yang lebih tepat agar memperoleh manfaat minum kopi secara maksimal yaitu saat sebelum bekerja atau sesaat anda akan memulai bekerja.

Hal ini dikarenakan tubuh akan melepaskan hormon yang berbeda setiap harinya, terutama yang paling banyak dilepaskan adalah stres kortisol.

Hormon tersebut akan keluar sesuai dengan ritme serta sirkadian tubuh. Menurut para peneliti, minum kopi pada saat otak telah melepaskan hormon kortisol justru akan membatasi efek positifnya.

Maka sebaiknya minumlah kopi saat kadar kortisol masih rendah. Adapun waktu terbaik untuk minum kopi setiap harinya adalah antara jam 09.30 hingga 11.30 WIB.

Untuk memperoleh manfaat minum kopi, disarankan bagi anda untuk minum kopi berkafein dengan takaran hingga 400 miligram atau tiga hingga lima cangkir kopi per hari. Hal ini tidak berkorelasi terhadap dampak buruk pada kesehatan tubuh.

Sumber: Harapan Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *