6 Tips Agar Kafe Dibanjiri Pengunjung

Mau buka usaha kafe? Saat ini, usaha bisnis kafe boleh dibilang cukup potensial karena sering digunakan sebagai hangout bersama keluarga, rekan, komunitas maupun bersama orang-orang terdekat. Selain itu, beberapa sumber mengatakan bahwa usaha kafe keuntungannya cukup menggiurkan.

Kafe Unik Kolong Jembatan
Kafe Unik di Bawah Kolong Jembatan

Namun, terkadang dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan cerdas agar kafe dibanjiri pengunjung. Untuk menarik perhatian konsumen dibutuhkan usaha keras. Baca Prospek Usaha Kafe.

Berikut 6 tips agar kafe ramai pengunjung.

1. Ciptakan Suasana dan Menu Unik 

Maraknya kafe yang bermunculan mengharuskan pemilik kafe berani dan kreatif untuk menciptakan suasana kafe yang unik. Selain itu, menu yang ditawarkan memiliki keunikan yang hanya bisa didapatkan di kafe Anda, baik itu dari penampilan maupun rasa.

2. Pelayanan 3S (Senyum, Salam, Sapa)

Kafe umumnya bukan sebagai tempat makan namun sebagai tempat ngobrol, bersantai, pertemuan dan sebagainya. Untuk itu, segenap karyawan diharuskan memberi pelayanan prima ketika melayani pelanggan yang datang ke kafe. Pastikan 3S (Senyum, Salam, Sapa) diberikan kepada pelanggan yang datang sebagai bukti bahwa keramahan menjadi point plus dari kafe Anda.

3. Promosikan Kafe ke Komunitas Tertentu

Komunitas-komunitas seperti klub sepeda, pencinta alam, persamaan hobi dan lain sebagainya merupakan calon pelanggan potensial. Umumnya komunitas memiliki banyak anggota dan mengadakan pertemuan rutin.

4. Promosi dari Mulut ke Mulut

Meskipun promosi ini bisa dianggap kuno, namun masih sangat ampuh, apalagi promosi macam ini dapat dilakukan melalui percakapan telepon yang bisa menjangkau jarak yang lebih jauh (tidak harus face to face). Keunikan lokasi, variasi menu, harga terjangkau, pelayanan prima yang dimiliki sebuah kafe tentu akan diteruskan ke kerabat atau rekan mereka. Promosi yang cukup efektif dan tanpa modal.

5. Promosi di Media Sosial 

Saat ini media sosial sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Sepertinya orang setiap saat membuka situs-situs medsos. Untuk memaksimalkan jangkauan sekaligus meminimalisir pengeluaran biaya pemasaran, promosi melalui media sosial terbilang cukup efektif.

6. Official Website

Meskipun tidak harus, namun keberadaan website untuk kafe dapat membuat orang banyak lebih mengenal kafe Anda. Apa yang ditawarkan kafe, lokasi kafe serta kelebihan lain dapat dengan mudah ditemui dalam internet. Selain itu, pelanggan bisa tahu apa saja yang kafe Anda tawarkan tanpa harus susah-susah menghubungi Anda, jika konten website terus diupdate.

Tentu saja masih banyak tips lain yang dapat meningkatkan pengunjung kafe. Namun setidaknya tips-tips diatas dapat dijalankan jika ingin usaha kafe agar dibanjiri pengunjung.

 

Kafe Kolong Jember

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *