Oleh-oleh Khas Kota Jember

Jika kebetulan sedang berkunjung ke kota Jember entah berlibur, tugas maupun sekedar lewat, jangan lupa membeli oleh-oleh khas kota Jember. Di Jawa Timut selain Bondowoso, Jember terkenal juga dengan tape-nya. Maka Jember juga dikenal sebagai kota suwar-suwir yang berbahan dasar tape.

oleh-oleh khas jember

Oleh-oleh Khas Kota Jember

Kurang lengkap jika belum mencicipi dan membawa sebagai oleh-oleh, 2 kudapan berbahan dasar tape yang merupakan makanan khas di kota Jember ini.

Suwar-suwir

Suwar-suwir adalah kue semacam dodol namun lebih keras yang terbuat dari bahan tape singkong yang dicampur dengan gula, susu, serta cokelat dan berbentuk kotak sehingga memiliki rasa manis dan legit. Meskipun sedikit keras namun begitu digigit akan lumer di dalam mulut. Saat ini, suwar-suwir sudah tersedia dengan berbagai aneka rasa seperti sirsak dan stroberi, pandan, cokelat, dan vanili serta memiliki warna-warna cerah seperti hijau, putih, cokelat hingga merah.
Suwar-suwir jember

Konon kue suwar-suwir ini sudah ada sejak zaman Belanda sebagai penganan tradisional sehingga harganya pun relatif murah. Di pusat oleh-oleh khas Jember suwar-suwir dijual dengan harga Rp 15 ribu-Rp 20 ribu per kilogram.

Prol Tape

Prol tape termasuk kudapan baru hasil inovasi dari olahan tape. Kue yang teksturnya mirip dengan kue bolu namun setengah matang ini, mulai dikenal luas oleh masyarakat sebagai kue khas kota Jember.

Prol Tape jember

Prol tape memiliki cita rasa khas tape Jember yang manis dan sedikit asam dengan variasi rasa seperti original, cokelat, keju, dan kismis. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp 19 ribu-Rp 23 ribu per porsi.

Jadi bagi Anda yang berkunjung ke Jember jangan lupa berkunjung ke Kafe Kolong untuk menikmati suasana kafe yang unik dan membeli suwar-suwir dan prol tape untuk keluarga dan kerabat di rumah.

 

Oleh-oleh Khas Kota Jember

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *